Visi dan Misi Partuha Maujana Simalungun

Share

 Logo Partuha Maujana Simalungun

PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN( PMS )

KOTA BATAM

 

VISI  DAN MISI PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN

VISI :

  • Meneguhkan jati diri simalungun

MISI :

  • Memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang jati diri simalungun
  • Mengadakan kegiatan seni budaya dan adat istiadat simalungun
  • Menggunakan dan mempopulerkan bahasa dan aksara simalungun
  • Memantapkan pemakaian simbol-simbol simalungun di siantar simalungun
  • Mewujudkan pahlawan nasional yanga berasal dari putra terbaik simalungun

SEJARAH RINGKAS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN

sejarah singkatPartuha Maujana Simalungun didirikan di Jakarta tahun 1960, yang bertujuan untuk menjadi wadah kaum cendikiawan Suku Batak Simalungun dan memiliki motto Habonaron Do Bona, yang berarti kebenaran adalah awal.Berlandaskan kebenaran dan kejujuran dalam melakukan segala sesuatu itu adalah motto hidup orang-orang Simalungun dimanapun berada.Yang di maksud dengan orang Simalungun disini bukan hanya yang berhubungan dengan Marga-marga yang ada pada Suku Batak Simalungun, tetapi ini lebih menyatakan Ahab Simalungun dan telah menjadikan Budaya, Bahasa dan adat simalungun menjadi bagian dari hidupnya sehari-hari sebagai orang Batak.

PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN ( PMS ) KOTA BATAM

visi dan misiPartuha Maujana Simalungun  berdiri di Batam pada tahun 2010  yang diketuai pertama sekali oleh Anggota DPD RI dari Prov. Kepri  Putra Simalungun Bpk. Djasarmen Purba SH, Periode : 2010 – 2015. Partuha Maujana Simalungun memiliki falsafah Habonaron do Bona (kebenaran pangkal segalanya) dengan moto Sapangambei Manoktok Hitei (seirama mencapai tujuan).

Pada Musda PMS Batam Minggu,  24 Mei 2015, Sahmadin Sinaga, SE.MM ( Anggota DPRD Prov. Kepulauan Riau )  terpilih sebagai ketua DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Batam periode 2015-2020 menggantikan ketua lama Djasarmen Purba. Sahmadin terpilih secara aklamasi dalam musyawarah daerah yang dilaksanakan di LPK Migasindo Academy, Ruko Tiban Raya No A1 No 7.

Ketua terpilih dalam sambutannya berjanji akan membawa organisasi ini untuk lebih baik lagi. Dia juga meminta dukungan seluruh masyarakat Simalungun agar membawa organisasi ini untuk lebih meningkatkan sumber daya Simalungun sehingga lebih berdaya saing yang sehat dalam peran sosial, budaya, ekonomi dan politik.  PMS juga harus dapat membantu kemajuan  masyarakat Simalungun dengan peningkatan sumber daya manusia, salah satunya dengan program pelatihan kerja untuk meningkatkan keahlian di segala bidang .

Sementara, Djasarmen Purba, mantan ketua umum PMS Kota Batam mengatakan dengan terpilihnya Sahmadin Sinaga menggambarkan masyarakat Simalungun memiliki pola kaderisasi yang baik dan berharap kedepannya PMS Batam tidak hanya terpaku dalam pelestarian budaya saja namun dapat meningkatkan SDM nya.Melalui organisasi PMS, peranan masyarakat simalungun di Batam dapat perhitungkan pemerintah.PMS Batam ini diharapkan dapat terlibat serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan serta menjaga kekondusifan kota Batam.

Selain itu, untuk lebih mendekatkan organisasi PMS ke seluruh masyarakat simalungun di Batam, PMS akan membentuk PAC di seluruh Kecamatan.Nantinya pengurus DPC terpilih dapat dilantik sekaligus dengan pengurus PAC (tingkat kecamatan) PMS pada bulan Oktober mendatang.