Kata Sambutan

Share

Kata sambutan:

Ketua PMS Kota Batam
Keluarga Besar Ketua DPC PMS Kota Batam, Sahmadin Sinaga

 

Sin Raya Sini Purba, Sin Dolog Sini Panei

Naija pe lang mahua, asal ma marholong atei

 (Tak pandang asal usul yang terpenting adalah Kasih. Perbedaaan akan dipersatukan oleh Kasih. Sesungguhnya semua kehidupan yang memiliki bentuk beragam dan ekspresi hidup yang beragam memiliki esensi yang satu adanya. Kita hidup dalam kolam energi yang satu – Habonaron do Bona).

 

Kabupaten Simalungun adalah sebuah Kabupaten di Sumatra utara, Indonesia.Dan di diami sebahagian besar oleh suku Batak Simalungun.Simalungun atau hasimalungunon, untuk mengingat suku ini hal pertama yang kita ingat adalah: Buminya, Tanah dan Airnya (Pertibi – pertiwi).

Pengaruh ketiga hal inilah yang sangat memengaruhi kelahiran kekhasan Suku Simalungun.Kemudian  hal kedua adalah hasil interaksi manusia – halak Simalungun, yang hidup di atas tanah air miliknya sebagai Sipukkah Huta (penduduk awal) adalah Budaya dan kebudayaannya. Budaya dan kebudayaannya mencakup teknologinya, tradisinya, keyakinannya, kebiasaan hidupnya dll.

Hasil pengalaman panjang. Meskipun bersifat kontekstual dan terbatas dalam wilayah geografis, masyarakat simalunggun memiliki identitas Simalungun yaitu ‘Ahap Simalungun’  ahap (rasa) menjadi pengikat Simalungun dan telah menempatkan kemanusiaan di atas rasa ‘kekeluargaan’ Suku Simalungun yang nota bene juga berlandaskan Kasih – holong ni atei.

Setiap orang akan menjadi Simalungun kalau ia punya prinsip Habonaron do Bona, Sapangambei menoktok hitei. Artinya kurang lebih: Pangkal hidup ialah bersikap benar dan adil, sambil bersama-sama membangun jembatan,namun diterapkan tidak dalam semangat eksklusif, tetapi inklusif sebab yang terpenting ialah selalu ada penghubung yang terbangun antara satu orang dengan yang lain.

Oleh karena itu,saya selaku ketua DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Batam periode 2015-2020,sangat berharap dengan hadirnya Website ini dapat menjadi wadah informasi sekaligus pemersatu masyarakat simalungun di Indonesia dan khususnya masyarakat simalungun di Prov.Kepri.

Dan sebagai ketua yang baru, saya juga berharap perlu adanya dukungan seluruh masyarakat Simalungun agar membawa organisasi ini untuk lebih meningkatkan sumber daya Simalungun.Sehingga lebih berdaya saing yang sehat dalam peran sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Akhir kata,tidak lupa saya mengucapkan terimakasih pada seluruh panita di PMS dan masukan dari masyarakat Simalungun yang tidak henti-hentinya sudah memberikan masukan,arahan atas terbitnya website www.pmsbatam.com.

Diatetupa,

Sahmadin sinaga

Ketua DPC PMS KOTA BATAM